Sabtu, 01 Desember 2012

Terbaru Persela Lamongan Pelan Tapi Pasti

- Persela Lamongan berjalan sangat pelan dalam persiapan pra animo Indonesian Super League (ISL) 2012-2013. Hingga ketika ini tim pujian LA Mania gres menjalani ujicoba menghadapi lawan yang selevel lebih rendah. Namun instruktur Gomes de Oliviera tetap berpegang pada prinsipnya; 'pelan tapi pasti'. 

Ya, dibanding klub-klub ISL lain di Jawa Timur, Persela memang belum menghadapi tim dengan kekuatan sepadan. Kemungkinan Gustavo Lopez dkk gres menghadapi tim berbobot kala mengikuti Inter Island Cup (IIC) 2012 di Malang, menghadapi Arema ISL dan Persipura Jayapura.

Lawan yang telah dihadapi Laskar Joko Tingkir ialah PSHW Babat, Persebo Bondowoso, Batam FC, serta Deltras Sidoarjo. Deltras tiba ke Stadion Surajaya, Jumat (30/11), juga bukan sebagai tim besar lengan berkuasa sesudah animo kemudian terdegradasi ke Divisi Utama.

“Saya melakukannya (ujicoba) secara bertahap. Saya merasa tim ini harus terlebih dulu menghadapi kekuatan di bawah kualitas kami. Selanjutnya terus ditingkatkan menghadapi lawan yang setara. Program pra animo akan berjalan secara pelan tapi pasti,” ungkap Gomes de Oliviera.

Pelatih yang dicomot dari Persiwa Wamena tersebut tidak khawatir timnya bakal 'gagap' menghadapi lawan kakap menyerupai Arema ISL dan Persipura Jayapura di IIC 2012. Menurutnya turnamen itu tidak berbeda dengan pertandingan ujicoba, di mana kemenangan bukan sasaran mutlak walau tetap dipandang penting.

Gomes juga telah berupaya mempersiapkan timnya menyongsong turnamen pra animo tersebut, dengan menggembleng ujicoba dalam rentang waktu berdekatan. Sesuai jadwal IIC 2012 yang mengharuskan kontestan bermain dua hari sekali, Persela telah menerapkannya di jadwal ujicoba.

Dalam empat laga yang telah digelar, Gomes menilai ada progres positif terkait team work di lapangan. Perpaduan pemain usang dengan pemain gres sudah cukup memuaskan, apalagi hasil di lapangan juga berujung kemenangan. Jika terus berkembang, Gomes yakin timnya bakal siap menghadapi tantangan yang lebih besar.

“Saya bangga melihat upaya para pemain untuk mengakibatkan tim ini kompetitif. Mereka sangat fokus dan serius meningkatkan kualitas permainan. Kami tergolong singkat dalam persiapan membentuk tim, tapi hasilnmya sejauh ini sesuai dengan harapan,” ungkap instruktur asal Brasil tersebut.

Turnamen IIC 2012 memang pantas disebut sebagai ujian bersama-sama bagi Persela Lamongan. Tim Biru Laut bakal mencicipi kekuatan tangguh dan bermain di luar kandang. Pantas jikalau disebut pertarungan di Stadion Kanjuruhan nanti bakal menjadi tes mental sekaligus teknik Laskar Joko Tingkir.

Sementara, jikalau tim-tim lain menyempatkan diri menggelar pemusatan latihan, sampai sekarang belum terpikir oleh Persela Lamongan. Manajemen maupun instruktur masih melihat kesempatan soal kemungkinan adanya pemusatan latihan. Sebab pekan depan Persela sudah bertanding di IIC Cup sampai pertengahan Desember.

Reporter: Kukuh Setiawan