Jumat, 27 April 2018

Momentum Sejarah Dan Perkembangan Blackberry

sebuah smartphone buatan RIM asal Kanada  Momentum Sejarah Dan Perkembangan Blackberry
Blackberry

Siapa yang tidak kenal dengan sejarah Blackberry dari awal bangkit hingga kini ini.
1984 / Awal mula berdiri
Dua mahasiswa teknik asal Kanada yang berjulukan Mike Lazaridis yang kuliah di Universitas Waterloo dan Douglas Fregin yang bersekolah di Universitas Windsor keduanya bekerja sama menciptakan sebuah perusahaan yang berjulukan Research In Motion. Perusahaan ini didirikan sebagai konsultan elektronik dan Komputer yang berbasis di Waterloo. Dalam waktu empat tahun perusahaan tersebut akan berfokus pada transmisi data wireless dan penyetingan wireless pada pelanggan dengan gelombang radio.
1988 ( Perusahaan semakin berkembang)
Perusahaan Research In Motion menjadi sebuah perusahaan pertama dalam bidang pengembang teknologi data wireless pertama di Amerika utara dan menjadi salah satu perusahaan pertama diluar Skandinavia yang berbagi produk konektifitas untuk jaringan penukar data dengan wireless. Teknologi ini intinya dipakai untuk komunikasi bisnis menyerupai pemrosesan penjualan kartu kredit.
1992 ( Inovasi Pager)
Perusahaan yang didirikan oleh dua mahasiswa teknik asal Kanada tersebut pada dikala itu sedang memfokuskan untuk bekerja dengan pager, akan tetapi focus tersebut berkembang menjadi komunikasi wireless dua arah ketika staf penelitian menemukan cara tidak hanya mendapatkan pesan pada pager akan tetapi juga mengirimkannya kembali sehingga komunikasi berjalan dengan dua arah. Lazaridis bertekad untuk mengubah cara mengirim email dengan jaringan wireless. Jim Balsillie bergabung dengan RIM, beliau mengeluarkan uang pribadinya sebesar 250000 dollar kedalam perusahaan.
1993
Perusahaan CBC mengunjungi Research In Motion untuk bebajar lebih perihal “ personal Communitcator” miliki RIM yang sanggup dipakai untuk mengirim pesan dengan wireless, ini yaitu salah satu tonggak sejarah perkembangan perusahaan RIM.
1996
Perusahaan RIM berhasil mengenalkan teknologi wireless pertama yang berjulukan Inter@active Pager.
1997
Bagi para pecinta Film mungkin tahun 1997 sedang moncernya film Titanic besutan James Cameron, akan tetapi bagi pecinta teknologi tahun ini yaitu pertama kalinya perusahaan Research In Motion go public dan berhasil mendapatkan uang sejumlah 115 juta dollar dari investor.
1998 ( Blackberry keluar untuk pertama kali)
Pada tahun ini Blackberry pertama keluar, akan tetapi ini bukan sebuah ponsel akan tetapi lebih cocok dengan sebuah perangkat mini (computer) yang sanggup digenggam dan berfungsi untuk menyediakan layanan wireless. System kerjanya yaitu menyediakan tampilan six-line dan menyediakan email dasar dan pager secara dua arah. Pengguna sanggup juga melaksanakan browsing dengan format khusus yang berisi isu , cuacam dan pasar saham. Pada tahun ini juga RIM menjadi salah satu perusahaan di kanada dengan tingkat pertumbuhan yang paling cepat.
1999 ( Permintaan meningkat drastic)
RIM mulai menawarkan tajinya sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar dengan terdaftar di bursa NASDAQ. Perusahaan ini berhasil meraup investor sebesar 250 juta dollar untuk berbagi teknologi Blackberry. RIM berhasil memperkenalkan Blackberry 850 Wireless Handheld, yang berhasil memadukan email, jaringan data wireless dan sebuah keyboard QWERTY yang sangat nyaman digunakan, sehingga undangan akan alat ini semakin meningkat. Beberapa orang menyebut alat ini dengan nama “Crackberry”
2001 ( Perebutan hak paten)
Sebuah perusahaan yang berjulukan NTP Inc dari Virginia USA menuduh RIM melanggar hak paten miliki perusaannya, RIM dituduh melanggar hak cipta dengan berbagi jaringan wireless email yang telah dikembangkan oleh NTP Inc. atas tuduhan tersebut jadinya Lembaga Federal Amerika memenangkan NTP dan meminta RIM mengganti rugi sebesar 23.1 juta dollar.
2003 ( Penjualan Blackberry dilarang)
Pada bulan agustus peradilan mengeluarkan isu akan melarang penjulan Blackbery di Amerika Serikat akan tetapi hal ini tidak terjadi alasannya yaitu Blackberry melaksanakan banding.
2004 ( Kado indah diulang tahunnya yang ke dua puluh)
Research In Motion merayakan ulangtahunnya yang ke 20 dengan hadiah special. Hadiah tersebut berupa penjualan pelanggan Blackberry yang mencapai satu juta diseluruh dunia.
2005 ( Kasus Hak cipta berlanjut ke Supreme Court/ forum peradilan tertinggi di AS)
RIM baiklah untuk membayar denda sebesar 450 juta dollar untuk menenangkan perselisihan,mengakibatkan RIM untuk menjual sahamnya hingga 17 %. RIM dan NTP masih tetap bersitegang terhadap kasus hak cipta dan kasus tersebut akan mereka bawa ke Lembaga Peradilan tertinggi di Amerika Serikat.
2006 ( Kesepakatan )
Perseteruan panjang antara RIM dan NTP jadinya selesai dengan keputusan RIM baiklah membayar denda kepada NTP sebesar 612,5 juta dollar dengan persetujuan RIM berhak melanjutkan proyek pengembangan service blackberry nya. Persetujuan ini juga berdampak RIM boleh menjual produk dan layanannya tanpa harus membayar royalti kepada NTP.
2007 ( Membludaknya pelanggan)
Pada bulan Oktober 2007 RIM mengumumkan bahwa pelanggan Blackberry melonjak tajam dengan mengklaim bahwa telah mencapai 10 juta pelanggan.
2007
RIM mengeluarkan software Blackberry professional, yang mengijinkan server milik sebuah perusahaan mentransfer data ke perangkat Blackberry, dengan jumlah orang hanya dibatasi hingga 30 atau lebih sedikit.
2007 ( RIM menyediakan layanan Blackberry Store)
Pada bulan Desember RIM berhasil membuka Blackberry Store untuk pertama kali di Detroit. Toko ini menjual ponsel Blackberry , Aksesoris dan Software. Pada tahun ini juga Blackberry berhasil menambahkan pelanggannya sebanyak 1.65 juta sehingga menciptakan jumlah pelanggan Blackberry menjadi 12 juta. Semakin banyaknya jumlah pelanggan menciptakan Nilai jual Blackberry meningkat dua kali lipat menjadi 1.67 miliar dollar.
2008 ( Blackberry Bold keluar )
Pada tahun ini Blackberry mengeluarkan sebuah smartphone yang sangat fenomenal yaitu Blackberry Bold. Smartphone ini memiliki resolusi layar dua kali lipat produk sebelumnya dan memiliki bentuk yang cekung. Akan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil dari iPhone.
2008
Pada juni 2008 walaupun saham menurun 10 % alasannya yaitu salah perhitungan akan tetapi ternyata jumlah pelanggan dari Blackberry masih bertambah sekitar 2.3 juta sehingga total pelanggan menjadi 16 juta. Sungguh angka yang cukup banyak pada waktu itu. 2008
Pada bulan November 2008, RIM mengeluarkan Blackberry Storm sebuah ponsel layar sentuh pertama, walaupun waktu ini Blackberry sedang jaya akan tetapi smartphone ini tidak mendapatkan sambutan hangat alias kurang laku.
2009
Pada bulan April 2009 RIM berusaha untuk menyaingi Apple dengan mengeluarkan APP World Online store, akan tetapi hal ini kurang berhasil alasannya yaitu jumlah applikasi yang sanggup didownload sangat sedikit.
2009
Pada bulan Agustus 2009 RIM dinobatkan sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat dengan rata rata pertumbuhan mencapai 77 % selama 3 tahun terakhir hal ini mengalahkan pesaing nya yaitu APPLE yang hanya tumbuh sebesar 27 %. 2010
Pada bulan juni 2010 RIM Membeli sehuah system software QNX dan menyampaikan jikalau teknologi tersebut akan menjadi dasar dari system operasi Blackberry.
2010
Pada bulan Agustus 2010 RIM mengelurakan sebuah Smartphone yang diberi nama Blackberry Torch,smartphone ini yaitu smartphone yang memiliki keyboard fisik dan sudah memiliki teknologi layar sentuh.
2010 Pada bulan desember tahun 2010 sebagai perjuangan untuk berbagi tampilan interface dari system operasi Blackberry, RIM membeli Astonishing Tribe. 2011
Pada bulan April tahun 2011 RIM mengeluarkan Sebuah PlayBook sebuah tablet yang bertujuan untuk menyaingi iPad milik APPLE akan tetapi penjualan alat ini tidak terlalu menggembirakan.
2011
Karena gagal bersaing dengan kompetitornya, RIM memecat pekerjanya sebanyak 2000 orang, jumlah ini sebanding dengan 10 % total pekerja.
2012
Pada bulan januari 2012 alasannya yaitu tidak berkembangnya perusahaan, pendiri sekaligus CEO dari RIM yaitu Jim Balsillie dan Mike Lazaridis mengundurkan diri dari pucuk kepimimpinan tertinggi, sedangkan jabatan tertinggi itu seterusnya akan dipegang oleh Thorsten Heins.
2013
Pada bulan Januari 2013 RIM mengeluarkan Blackberry APP World guna menyiapkan system operasi terbaru mereka yaitu BB10. Blackberry App World menyediakan layanan penjualan music dan video sehingga menciptakan RIM mulai persaingan eksklusif dengan iTunes milik APPLE dan Google Play.
2013
Setelah mengeluarkan Blackberry 10 ( Z10 dan Q10) RIM secara resmi mengganti nama perusahaannya menjadi Blackberry nama ini sesuai dengan nama produk smartphone andalan mereka.