Minggu, 08 April 2018

Momentum Kiprah Bahasa Indonesia Perihal Diksi


Nama: Muhammad Hafiz Pahlevi
Kelas : 1KB07
Dosen : Ahmad Nasher





A. Pengertian dan Fungsi Diksi

Diksi diartikan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai pilihan kata yang sempurna dan sesuai penggunannya guna mengungkapkan pandangan gres sehingga didapatkan imbas sesuai yang diharapkan. Sedangkan berdasarkan Wikipedia, diksi yaitu pilihan kata yang dipakai untuk merangkai kalimat. Penggunaan dikti ditujukan untuk menciptakan kalimat lebih terkesan atraktif. Diksi sendiri mempunyai beberapa fungsi diantaranya sebagai berikut:
  • Difungsikan semoga pembaca atau pendengarnya sanggup memahami apa yang ingin disampaikan penyair atau penulis.
  • Digunakan untuk mencapai sasaran komunikasi yang efisien dan efektif.
  • Mengekspresikan pandangan gres atau gagasan yang dituangkan dalam bentuk verbal.

B. Jenis-jenis Diksi

Diksi sendiri mempunyai macam-macam diantaranya sebagai berikut:
  • Sinonim adalah diksi yang dipilih alasannya yaitu mempunyai persamaan makna. Diksi ini dipilih alasannya yaitu untuk memperlihatkan kesan yang lebih baik atau halus. Misalnya mati yang diganti wafat.
  • Antonim yaitu diksi yang maknanya berlawanan dengan ungkapan lainnya. Misalnya jelek lawan katanya baik.
  • Polisemi ialah satuan kata yang mempunyai makna lebih dari satu. Misalnya kepala yang sanggup diartikan sebagai bab badan atas namun juga sanggup berarti sebuah jabatan contohnya kepala bagian marketing.
  • Hiponim ialah diksi yang maknanya sudah meliputi makna kata lainnya. Misalnya kata salmon yang sudah meliputi makna kata ikan di dalamnya.
  • Homonim adalah diksi yang ejaan dan pengucapannya sama namun maknanya berbeda, contohnya bisa yang berarti racun ular dan bisa yang berarti mampu.
  • Homofon yaitu diksi yang pengucapannya sama, namun penulisan dan maknanya berbeda. Misalnya Bang Ijuk dan Bank Rakyat Indonesia.
  • Homograf adalah diksi yang mempunyai persamaan dalam ejaan, namun pengucapan dan maknanya berbeda. Misalnya buah apel dan apel pagi.


Kesimpulan : Berarti Kita Harus Menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Agar lebih gampang di pahami oleh baik yang membaca ataupun yang mendengar dengan begitu kita sanggup lebih paham bagaimana memakai bahasa indonesia yang baik dan juga benar sesuai dengan ketentuan yang kamus besar bahasa indonesia Dan Agar Kita Sebagai Orang Indonesia harus memahami hal itu,agar jikalau suatu dikala orang luar ingin mempelajari nya kita sanggup mengajari nya dengan baik dan benar.

Saran : Kita Harus lebih memahami bagaimana ejaan dan penulisan yang baik bahasa indonesia sesuai dengan kamus besar bahasa indonesia

Sumber :  https://gamepos.id/pengertian-diksi-fungsi-diksi-dan-macam-macam-diksi/