Minggu, 21 Januari 2018

Klasemen Menganalisis Laporan

Laporan ialah karangan yang berisikan paparan insiden atau acara yang telah dilakukan. Laporan sanggup berupa laporan perjalanan, laporan acara atau laporan pengamatan. Laporan perjalanan yaitu laporan yang dibentuk berkenaan dengan perjalanan suatu kegiatan. Dalam isinya laporan jenis ini akan mengungkapkan hal-hal yang terjadi selama perjalanan yang dilakukan dari satu titik ke titik tujuan yang lain.


Laporan acara yaitu laporan yang dibentuk berkenaan dengan acara yang dilaksanakan. Isi laporan  ini  mengungkapkan hal-hal yang berafiliasi dengan suatu acara dari mulai persiapan, pelaksanaan, dan selesai dari acara atau hasil yang dicapai dalam acara tersebut. Laporan pengamatan yaitu laporan yang mengungkapkan hasil dari pengamatan atau observasi terhadap sesuatu hal.

Laporan ditulis sebagai pertanggungjawaban sesudah melaksanakan acara ilmiah atau resmi. Laporan sanggup disampaikan dalam bentuk tulis maupun secara verbal (dibacakan). Menganalisis laporan ialah suatu kajian atau penelitian terhadap suatu laporan. Penelitian atau kajian dalam hal ini mencakup kegiatan:
1.      Memahami isi laporan secara bentuk, isi, maupun kebahasaan.
2.      Mengurangi secara detail/rinci isi laporan.

3.   Memberikan suatu pandangan atau pendapat terhadap laporan menurut suatu teori atau defi nisi  (referensial).